Tentang LPKSM AL AMIN

Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Al – Amin berkedudukan di Republik Indonesia – Kisaran, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara, Berdiri pada tanggal 10 Juli  2016.

Tujuan Didirikannya LPKSM AL – AMIN adalah mengemban apa yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yaitu :

  • Memberikan jaminan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kepastian atas mutu, jumlah, dan keamanan barang/jasa  yang diperoleh di pasaran dari pelaku usaha serta meningkatkan kesejahteraan, pengetahuan, kepedulian, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi diri serta menumbuh kembangkan setiap pelaku usaha yang bertanggung jawab.
  • Membekali masyarakat konsumen informasi yang benar, tentang hukum dan aturan sebagaimana tertuang dalam pasal-pasal pada Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan atau membela kepentingan masyarakat konsumen untuk memperjuangkan haknya apabila diperlukan.

 

Legal Basic :

  1. Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
  2. Peraturan Pemerintah No : 59 Tahun 2001 Tentang Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat.
  3. KEPMEN Perindustrian dan Perdagangan No.302/MPP/KEP/2001 tentang Pendaftaran Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat.
  4. Akta Pendirian Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat Al-Amin No. 04 Tanggal 13 Juli 2016,Notaris Timbang laut,SH. M.Kn
  5. Tanda Daftar Lembaga Perlindungan Konsumen (TDLPK  Dari Dinas Koperasi   perindustrian  dan Perdagangan Kabupaten Asahan Nomor;  510/1357
  6. Surat Keterangan Terdaftar dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Asahan Nomor ; 00-12-09/00/0009/IX/2016